Wednesday, July 8, 2020

Mari Belajar Mengedit Tulisan Teman

Hari ini di grup "Nulis dan Ngeblog Itu Asyik" ada tugas belajar mengedit tulisan teman. Dan saya mendapat tugas untuk mengedit tulisan mbak Indrawati yang berjudul "Review Buku Masakan Populer Indonesia". Tulisan aslinya ada di link berikut: https://indrawatisby.blogspot.com/2020/07/review-buku-masakan-populer-indonesia.html 

Untuk diketahui tulisan mbak Indrawati tersebut terdiri dari 6 paragraf. Cerita yang disampaikan sudah mengalir bak air sungai Bengawan Solo...hehehe. Namun ada beberapa bagian yang perlu diperbaiki seperti: kalimat yang bisa disederhanakan, perlu memperhatikan subyek kalimat, tanda baca, kata baku dan jika ada pengulangan kata tidak disingkat. Lebih jelasnya saya coba edit masing-masing paragraf sebagai berikut: 

+++++++++++++++++++++++++++++
Paragraf 1 versi mbak Indrawati:
Dapet tugas dari kak Irai untuk membuat review buku, kebetulan pas banget harus mengirim masker donasi. Bingung kan..
Mana yang harus kukerjakan dulu. Jadinya terpaksa tugas dari kak Irai aku tunda.
Maaf y kak Irai.

Paragraf 1 versi saya :
Aku mendapat tugas dari Kak Irai untuk membuat review buku. Kebetulan pas banget harus mengirim masker donasi. Bingung mana yang harus dikerjakan dulu. Jadi terpaksa aku tunda tugas dari kak Irai. Maaf ya kak Irai.

++++++++++++++++++++++++++++++
Paragraf 2 versi mbak Indrawati :
Sekarang masker sudah terkirim, mulai menyelesaikan tugas2 yang kemarin belum aku kerjakan. Mulai bongkar lemari buku, ternyata tinggal buku masak dan buku craft aja. Pilih-pilih buku, akhirnya pilihan jatuh ke buku Masakan Populer Indonesia terbitan Femina.

Paragraf 2 versi saya :
Sekarang masker sudah dikirim. Aku mulai mengerjakan tugas-tugas yang kemarin belum sempat dikerjakan dan mulai membongkar lemari buku. Ternyata hanya ada buku masak dan buku craft saja. Setelah pilih-pilih, akhirnya pilihanku jatuh ke buku Masakan Populer Indonesia terbitan Femina.


+++++++++++++++++++++++++++++++
Paragraf 3 versi mbak Indrawati :
Aku inget buku ini aku beli pas masih baru menikah, he...he...waktu jaman antah berantah, pokoknya dahulu kala, buku ini berjasa banget mengajariku memasak. Aku yang gak pernah ke dapur, belajar dari buku ini sampai sekarang ya lumayanlah hasil masakannya.

Paragraf 3 versi saya :
Aku ingat buku ini dibeli pas masih baru menikah...he...he...Waktu jaman antah berantah, pokoknya dahulu kala. Buku ini berjasa banget mengajariku memasak. Aku yang tidak pernah ke dapur, belajar dari buku ini sampai sekarang dan lumayanlah hasil masakannya.


+++++++++++++++++++++++++++++++++
Paragraf 4 versi mbak Indrawati :
Buku ini memuat resep masakan dari masakan sederhana sampe masakan dengan bumbu yang lengkap. Juga ada resep kue dan puding. Anak2 senang banget kalau aku buat pastel tutup, resepnya tentu mengambil dari buku ini. Lha wong aku dulu gak pernah ke dapur.

Paragraf 4 versi saya :
Buku ini memuat resep masakan dari yang sederhana sampai dengan bumbu yang lengkap. Ada juga resep kue dan puding. Anak-anak senang banget kalau aku buat pastel tutup. Resepnya tentu diambil dari buku ini, karena dulu aku tidak pernah ke dapur.

++++++++++++++++++++++++++++++++++
Paragraf 5 versi mbak Indrawati :
Buku ini sangat berguna, terutama untuk yang belum pernah belajar memasak. Tentu menyenangkan bisa menyiapkan makanan special buat keluarga, di saat-saat special seperti ulang tahun bocah. Oo mereka senang banget, merasa dihargai, padahal cuma membuat kue ulang tahun sederhana ataupun masak makanan yang mereka suka.
 
Paragraf 5 versi saya :
Buku ini sangat berguna terutama untuk mereka yang belum pernah belajar memasak. Tentu menyenangkan bisa menyiapkan makanan special buat keluarga, seperti saat ulang tahun bocah. Mereka pasti senang banget, merasa dihargai, padahal cuma membuat kue ulang tahun sederhana ataupun masak makanan yang mereka suka. 

+++++++++++++++++++++++++++++++++++
Paragraf 6 versi mbak Indrawati :
Ayo yang merasa belum suka memasak, segera beli buku masak, Dicoba aja, ntar juga pasti pinter dan bonusnya anak2 makin sayang mamanya.

Paragraf 6 versi mbak Indrawati :
Ayo yang merasa belum suka memasak, segera beli buku masak, Dicoba saja, nanti juga pasti pintar dan bonusnya anak-anak makin sayang mamanya.

++++++++++++++++++++++++++++++++++++



Bukunya sampai rusak karena sering dibawa ke dapur. 


Demikian hasil editan saya. Semoga mbak Indrawati berkenan. Mohon maaf jika saya juga ada kesalahan dalam mengedit. Terimakasih. 


#belajar_dan_terus_belajar

1 comment: